UNJUK KERJA HEC AIR DI DAEARAH ALIRAN SUNGAI JANGKOK The Performance of HEC HMS in The UNJUK KERJA HEC-HMS DALAM ANALISIS KETERSEDIAAN AIR DI DAEARAH ALIRAN SUNGAI JANGKOK The Performance of HEC HMS in The Analysis Of Water Availability In The Jangkok Watershed HMS DALAM ANALISIS KETERSEDIAAN AIR DI DAEARAH ALIRAN SUNGAI JANGKOK Water Availability

LAIL, PUJIANA (2019) UNJUK KERJA HEC AIR DI DAEARAH ALIRAN SUNGAI JANGKOK The Performance of HEC HMS in The UNJUK KERJA HEC-HMS DALAM ANALISIS KETERSEDIAAN AIR DI DAEARAH ALIRAN SUNGAI JANGKOK The Performance of HEC HMS in The Analysis Of Water Availability In The Jangkok Watershed HMS DALAM ANALISIS KETERSEDIAAN AIR DI DAEARAH ALIRAN SUNGAI JANGKOK Water Availability. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR PUJIANA LAIL F1A014111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Air adalah sumber daya alam yang ketersediaannya tidak selalu tersedia sesuai dengan ruang, waktu, kualitas dan kuantitas yang memadai. Lombok termasuk pulau kritis air yang memerlukan pengembangan sumber daya air untuk dapat menyeimbangkan kebutuhan dengan ketersediaan air. Jangkok adalah sungai dengan utilitas tinggi yang melayani areal irigasi seluas 2945 ha. Oleh karena itu untuk pengembangan sumber daya air di wilayah ini perlu dianalisis ketersediaan airnya. Analisis ketersediaan air dilakukan dengan menggunakan model hujan- aliran HEC HMS untuk mendapatkan debit limpasan. Langkah pemodelan hujan aliran HEC-HMS yaitu membuat simulasi awal kemudian melakukan kalibrasi untuk menemukan nilai parameter-parameter DAS dan membuat simulasi akhir untuk mendapatkan debit simulasi dengan rentang waktu tertentu. Selanjutnya dilakukan per- hitungan debit andalan pada keandalan 50% dan 80% dengan metode statistik ranking menggunakan metode perencanaan bulan dasar, kemudian membandingkannya menggunakan uji statistik angka korelasi dan volume error. Setelah itu mencari keakuratan software HEC HMS, keakuratan software HEC HMS diuji didalam dan diluar software HEC HMS. Dari dalam software HEC HMS yaitu salah satunya dengan melihat nilai objective function terkecil, sedangkan diluar program HEC HMS dilakukan dengan uji statistik angka korelasi dan volume error pada debit hasil kalibrasi HEC HMS. Berdasarkan debit hasil simulasi HEC-HMS, nilai rata-rata ketersediaan air untuk periode bulanan pada keandalan 50% dan 80% adalah masing-masing sebesar 1,792 m3 /s dan 1,118 m3 /s. Sedangkan untuk periode setengah bulanan pada keandalan 50% dan 80% masing-masing sebesar 1,717 m3 /s dan 1,028 m3 /s. Hasil perhitungan volume error debit hasil simulasi HEC HMS terhadap debit observasi pada keandalan 50% sebesar 24,121% sedangkan pada keandalan 80% sebesar 27,477%. Parameter hidrologi terbaik diperoleh pada nilai objective function sebesar 1,9 yang menghasilkan volume error dan angka korelasi masing-masing sebesar 1,692% dan 0,836 terhadap debit observasi. Sedangkan pada tahap verifikasi untuk data seluruh tahun diperoleh nilai volume error sebesar 18,822% dan angka korelasi sebesar 0,551. Hal tersebut menunjukkan bahwa HEC HMS cukup akurat dalam melakukan simulasi hujan-aliran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): debit andalan, simulasi, kalibrasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:23
Last Modified: 18 Nov 2019 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15025

Actions (login required)

View Item View Item