PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2019/2020

MUHAYANA, IFTAHUL (2019) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI 100%.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Narmada tahun ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini sebanyak 379 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Narmada dan jumlah sampel penelitian 80 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner adversity quotient yang bersifat tertutup yang terdiri dari 50 pernyataan dan tes terdiri dari 4 soal uraian materi pola dan barisan bilangan matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi dan regresi linier sederhana. Koefisien korelasi (�) yang diperoleh 0,799, ini menunjukkan bahwa hubungan antara adversity quotient terhadap hasil belajar matematika siswa termasuk dalam kategori kuat. Kontribusi adversity quotient terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh koefisien determinasi sebesar 60,684 %. Hal ini menunjukkan bahwa adversity quotient juga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Narmada yang ditunjukkan dengan persamaan regresi pada penelitian ini adalah .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Adversity Quotient, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:16
Last Modified: 10 Dec 2019 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item View Item