NERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X AKT 1 SMK NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SYAPUTRI, SITI ISTIANA (2017) NERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X AKT 1 SMK NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI SITI ISTIANA SYAPUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X AKT 1 SMK Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi trigonometri di kelas X AKT 1 SMKN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017, yaitu pada bulan Februari sampai Maret tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus sebelumnya dan minimal berkategori aktif serta rata-rata nilai evaluasi siswa (rata-rata kelas) meningkat dari siklus sebelumnya dan siswa mencapai ketuntasan klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada siklus I untuk pertemuan 1 adalah 7 dengan kategori kurang aktif dan pada pertemuan 2 adalah 9,67 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II, skor aktivitas siswa yaitu untuk pertemuan 1 ialah 12,33 dengan kategori aktif, pertemuan 2 ialah 13,33 dengan kategori aktif dan untuk pertemuan 3 ialah 13,32 dengan kategori aktif. Rata-rata nilai evaluasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut 74,95 dan 79,93 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 63,64% dan 88,64%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) pada materi trigonometri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AKT 1 SMKN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): STAD, aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Feb 2018 06:57
Last Modified: 24 Feb 2018 06:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item