HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KEJADIAN BURNOUT PADA MAHASISWA TAHAP AKADEMIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MATARAM

SHAHAB, FATIMAH (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KEJADIAN BURNOUT PADA MAHASISWA TAHAP AKADEMIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan KTI fatimah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

Latar Belakang: Kejadian burnout cukup banyak di kalangan mahasiswa kedokteran seluruh dunia. Faktor-faktor yang berhubungan dengan akademik maupun pribadi telah terbukti berkontribusi untuk meningkatkan risiko burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi korelasi antara persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar dengan keajadian burnout. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan sampel 256 mahasiswa tahap preklinik Pendidikan dokter tahun akademik 2018 (response rate 90,2%). Pengambilan data menggunakan kuesioner CBI-student version yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia untuk menilai burnout dan Medical School Learning Environment Survey (MSLES) untuk menilai persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar. Analisis statistik dilakukan dengan uji korelasi Pearson. Hasil: Prevalensi burnout yang didapatkan sekitar 23,8%. Prevalensi burnout tertinggi terdapat pada subskala burnout personal yaitu 65,8%, disusul burnout terkait perkuliahan 52,3%, burnout terkait rekan 27,2% dan terakhir burnout terkait dosen sebanyak 12,1%. Rerata skor persepsi terhadapa lingkungan belajar (MSLES) adalah 3,20 (s.b 0,39). Ditemukan korelasi yang signifikan antara burnout dan lingkungan bela jar (p<0,001; r=-0,597). Simpulan: Lingkungan belajar merupakan faktor risiko penting dari kejadian burnout di kalangan mahasiswa kedokteran pada tahap akademik. Lingkungan belajar yang lebih baik dapat mengurangi kejadian burnout mahasiswa kedokteran. Ditemukan korelasi yang negatif anatara persepsi mahasiswa terhadap

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Burnout; Mahasiswa Kedokteran tahap akademik; Lingkungan belajar ; CBI-student version; MSLES.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:35
Last Modified: 19 Dec 2019 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15189

Actions (login required)

View Item View Item