KOMUNIKASI PUBLIK SATLAK BPBD PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM PENANGANAN GEMPA BUMI LOMBOK TAHUN 2018

Girsang, Robinson (2020) KOMUNIKASI PUBLIK SATLAK BPBD PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM PENANGANAN GEMPA BUMI LOMBOK TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI L1B014038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Wilayah Indonesia terletak pada kawasan beriklim tropis dan cincin api sehingga hal ini dapat menyebabkan sering terjadinya bencana. Berdasarkan fakta tersebut maka pemerintah membentuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam hal menanggulangi bencana. Untuk melakukan tugasnya secara merata pada wilayah Indonesia yang tersebar dibentuk Badan Penanggulanggan Bencana Daerah (BPBD). Gempa berkekuatan 6,4 Mw mengguncang Lombok, NTB pada 29 Juli 2018 dan adanya gempa-gempa yang terjadi pada bulan selanjutnya. Bencana dapat terjadi di mana saja dengan sedikit atau tanpa adanya peringatan, maka sangat penting untuk dapat bersiaga terhadap bahaya dari bencana untuk mengurangi risiko dari bencana. Salah satu faktor penting untuk BPBD dalam menjalankan tugasnya adalah komunikasi yang bertujuan untuk menjangkau masyarakat yang berada di kawasannya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui komunikasi publik BPBD dalam mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan bencana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di BPBD Provinsi NTB dengan sumber informasi utama yaitu pejabat pelaksana dari BPBD Provinsi NTB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPBD Provinsi NTB tidak memiliki struktur kehumasan, BPBD Provinsi NTB, melakukan komunikasi pada eksternal publik secara langsung, tanpa adanya perencanaan mengenai pesan, teknik, pemilihan media dan sebagainya. Pada Pra Bencana, komunikasi publik yang dilakukan lebih kepada model Informasi Publik, Agen Pemberitaan dan model Simetris Dua Arah. Pada Saat Bencana, komunikasi publik yang dilakukan BPBD Provinsi NTB pada saat bencana lebih kepada model Informasi Publik dan Agen Pemberitaan. Pada Pasca Bencana, komunikasi publik yang dilakukan BPBD Provinsi NTB pada saat bencana telah terjadi lebih kepada model Informasi Publik dan model Simetris Dua Arah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi Publik, BPBD, Model Public Relations
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:15
Last Modified: 02 Jan 2020 06:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15225

Actions (login required)

View Item View Item