PENYULUHAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN KELOMPOK USAHA BERSAMA SAYANG IBU DI DESA GERIA KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Manan, Abdul and Daeng, Akung and ROIS, ICHSAN PENYULUHAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN KELOMPOK USAHA BERSAMA SAYANG IBU DI DESA GERIA KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS. (Unpublished)

[img] Text
ringkasan lepas.docx

Download (24kB)

Abstract

Pembangunan masyarakat desa pada hakekatnya merupakan suatu proses perubahan menuju kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat desa, sehingga pada saatnya setiap masyarakat dapat berprestasi dan merupakan palaku pembangunan untuk menunjang pembangunan nasional. Pembangunan desa ini merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat baik itu pemerintah maupun swasta, termasuk juga tanggung jawab perguruan tinggi beserta civitas akademikanya. Oleh karena itu perguruan tinggi harus menunjang pembangunan ekonomi desa pada khususnya. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang usaha yang mereka jalani, baik secara individu maupun berkelompok ,agar mereka menyadari perlunya mitra kerja serta perlunya masuk sebagai anggota kelompok yang dapat mengubah sikap dan pengetahuan yang positif. Demikian juga untuk dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapinya. Usaha kelompok bersama di Desa Geria Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat yang dikemukakan dalam permasalahan, maka kerangka pemecahan masalah adalah mengajak mereka agar masuk atau bermitra dengan kelompok usaha bersama Sayang Ibu. Disamping itu diberikan pengetahuan tentang manajemen usaha. Penyuluhan ini diharapkan mereka mengerti pentingnya perencanaan dalam usaha berkelompok, sehingga motivasi untuk dapat mengelola usahanya dengan baik agar dapat lebih berkembang. Pemberdayaan kelompok usaha bersama Sayang Ibu tergolong jenis usaha kecil, seringkali kelompok usaha bersama Sayang Ibu menghadapi masalah/ kendala terutama yang berkaitan dengan asset keuangan atau pengelolaan modal, pemasaran dan lainnya, seperti aspek produksi, administrasi dan pembagian kerja. Beberapa permasalahan/kendala yang merupakan sumber dari sebab terjadinya kegagalan usaha atau sulit berkembang, karena kurang pengetahuan tentang pengelolaan atau menejemen usaha yang digeluti/ dilakukan.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): pemberdayaan, ekonomi kerakyatan, desa geria
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mr akung daeng
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:59
Last Modified: 07 Jan 2020 06:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item