PERILAKU TOKOH SRIRI DALAM NOVEL SRI RINJANI KARYA EVA NOURMA : KAJIAN PSIKOLOGI BEHAVIOR SKINNER DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Nursihah, Tuti (2017) PERILAKU TOKOH SRIRI DALAM NOVEL SRI RINJANI KARYA EVA NOURMA : KAJIAN PSIKOLOGI BEHAVIOR SKINNER DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI TUTI NURSIHAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah utama yang dikaji dalam penelitan ini adalah analisis psikologis tokoh Sriri dalam novel Sri Rinjani karya Eva Nourma dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitan ini bertujuan mendeskripsikan psikologis tokoh Sriri berdasarkan perilaku yang tampak pada dirinya sesuai dengan teori psikologi behavior Skinner dan mengaitkannya dengan pembelajaran sasrtra di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan di dalam mengumpulkan data adalah studi kepustakaan dan teknik catat. Pada metode analisis data digunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini berupa deskripsi psikologis tokoh Sriri berdasarkan perilaku yang tampak pada dirinya. Perilaku Sriri sangat dipengaruhi oleh stimulus dari lingkungannya baik yang terkondisi maupun yang tidak terkondisi. Stimulus tersebut telah membentuk psikologis Sriri yakni berjiwa tegar. Sriri tidak pernah larut dalam kesedihan, tetapi ia selalu mengambil hikmah di balik peristiwa yang terjadi. Ketegaran jiwanya juga ditandai dengan rasa empati, peduli, bertanggung jawab dan optimisme yang kuat dalam dirinya. Hal ini diketahui dari perilakunya yang menulis mimpinya di atas batu, menangis, tertawa, berteriak, marah, melindungi dirinya dari panas matahari, bekerja sebagai penggembala kambing hingga menikah dengan sahabat ayahnya. Selanjutnya, kaitan hasil penelitian ini dengan pembelajaran sastra yakni penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran sastra. Sesuai dengan silabus kurikulum 2013 KD 4.1 yakni menginterpretasikan makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan. Novel Sri Rinjani dapat dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran Sastra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): perilaku, psikologis, psikologi behavior, pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Feb 2018 06:57
Last Modified: 24 Feb 2018 06:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item