AKTUALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA KATOLIK KESUMA MATARAM

HIDAYAT, FEBRYAN FIRMANSYAH (2020) AKTUALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA KATOLIK KESUMA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FEBRYAN FH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana aktualisasi nilai-nilai multikultural melalui budaya sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMAK kesuma Mataram; (2) mengetahui apa saja faktor pendorong dan penghambat aktualisasi nilai-nilai multikultural melalui budaya sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMAK Kesuma Mataram. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan: (1) aktualisasi nilai-nilai multikultural melalui budaya sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik telah diaktualisasikan oleh guru maupun peserta didik yang ditandai dengan pengaktualisasisan nilai-nilai multikultural seperti nilai inklusif, nilai kemanusiaan, nilai mendahulukan dialog, nilai toleransi, nilai tolong menolong, nilai berbaik sangka, nilai keadilan, nilai persamaan dan persaudaraan sebangsa, dan nilai cinta tanah air melalui indikator budaya sekolah seperti melakukan pembiasaan nilai-nilai utama, memberikan keteladanan antarwarga sekolah, mematuhi norma, peraturan, dan tradisi sekolah, serta melakukan pendampingan yang ditandai dengan penguatan karakter peserta didik diantaranya toleransi, bersahabat, religius, cinta damai, peduli sosial, dan cinta tanah air; (2) faktor pendorong aktualisasi nilai-nilai multikultural melalui budaya sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik berasal dari program kerja sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah dengan melihat karakteristik peserta didik yang beragam serta menjalin kerja sama dengan masyarakat sekolah dan orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambat terletak pada peserta didik yang bukan berasal dari SMPK dan peserta didik pindahan yang belum mengetahui aturan sekolah sehingga butuh waktu untuk menerima aturan dan tradisi yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nilai-nilai multikultural, budaya sekolah, pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:03
Last Modified: 18 Feb 2020 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item