NILAI-NILAI PANCASILA DALAM TRADISI “ CO’I” PADA MASYARAKAT SUKU MBOJO (Studi Deskriptif Pada Pelaksanaan Perkawinan di Desa Kore Kecematan Sanggar Kabupaten Bima)

DINIA, AINUN (2020) NILAI-NILAI PANCASILA DALAM TRADISI “ CO’I” PADA MASYARAKAT SUKU MBOJO (Studi Deskriptif Pada Pelaksanaan Perkawinan di Desa Kore Kecematan Sanggar Kabupaten Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi ainun lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rangkaian pelaksanaan perkawinan dalam masyarakat suku mbojo di Desa Kore Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima dan untuk nilai-nilai pancasila yang terkandung dalam tradisi Co’i pada perkawinan masyarakat suku mbojo Desa Kore Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu tentang nilai-nilai pancasila pada tradisi Co’i pada masyarakat suku mbojo Desa Kore Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima yaitu antara lain sebagai berikut : proses pelaksanaan tradisi Co’i dalam perkawinan masyarakat suku mbojo di Desa Kore antara lain yaitu : tahap persiapan yaitu (Penati) atau lamaran dan (Mbolo Weki) musyawarah keluarga , tahap pelaksanaan (Wa’a Masa Nika Atau Wa’a Co’i) atau antar mahar, tahap penutup meliputi dengan do’a. Dalam tradisi Co’i pada perkawinan masyarakat suku mbojo Desa Kore Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima terdapat Nilai-Nilai Pancasila di setiap aitem kegiatan mulai dari tahap persiapan sampai tahap penutup.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pancasila, Tradisi Co’i
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:01
Last Modified: 18 Feb 2020 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15341

Actions (login required)

View Item View Item