KUSUMA, Dwi Putri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X MA DAKWAH ISLAMIYAH PUTRI NURUL HAKIM KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
ARTIKEL KUSUMA DWI PUTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada sub materi aturan sinus dan aturan kosinus siswa kelas X MA Dakwah Islamiyah Putri Nutrul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan post-tess only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Peminatan dengan sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X Peminatan IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X Peminatan IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis yang sudah diuji validitasnya. Berdasarkan hasil tes diperoleh rata-rata kelas eksperimen 39,70 dan kelas kontrol sebesar 40,44. Data tes siswa kelas sampel dianalisis menggunakan statistik uji-t diperoleh thitung sebesar 0,666 dan ttabel sebesar 1,998. Dilihat thitung kurang dari ttabel dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X MA Dakwah Islamiyah Putri Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Kemampuan Berpikir, Berpikir Kritis Matematis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 01:01 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 01:01 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15349 |
Actions (login required)
View Item |