PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 13 MATARAM

BHAKTI, KHAIRIL ALIF (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 13 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KHAIRIL ALIF BHAKTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian true eksperimen dengan pretest-posttes control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a macth terhadap hasil belajar siswa kelas Vll pada mata pelajaraan PPKn di SMPN 13 Mataram. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 orang pada kelas eksperimen dan 33 orang pada kelas kontrol. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 butir yang telah memenuhi uji validitas item soal, realibilitas soal daya beda dan tingkat kesukaran. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh 4,51> = 0,003, pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Macth terhadap hasil belajar siswa kelas Vll pada mata pelajaraan PPKn di SMPN 13 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif Tipe make a macth , Hasil belajar siswa, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:01
Last Modified: 18 Feb 2020 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item View Item