PENGARUH SELF CONCEPT TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR LOGISMATEMATIS SISWA SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ADIYAT ZIHATUL HAQ, M. (2020) PENGARUH SELF CONCEPT TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR LOGISMATEMATIS SISWA SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI (Adiyat).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)

Abstract

Self conceptyang positif diyakini dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk mempelajari matematika sehingga tercapainya hasil belajar yang baik, dimana kemampuan dalam matematika yang dimaksudkan adalah kemampuan berpikir logis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan self concept dan kemampuan berpikir logis matematis siswa serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dan besarnya pengaruhself concept terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa SMP Negeri 16 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitianex post facto dengan menggunakan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 114 orang, dimana sampelnya yaitu siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumendan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket self concept dan soal tes kemampuan berpikir logis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Self concept matematis yang dimiliki siswa terdapat 3,23% siswa dikategorikan sangat baik, 12,90% siswa berkategori baik, 61,29% siswa berkategori cukup baik, dan 22,58% siswa berkategori rendah, serta kemampuan berpikir logis matematisnya terdapat 35,48% siswa dikategorikan sangat baik, 41,94% siswa berkategori baik, dan 22,58% siswa berkategori cukup baik. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan self concept terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa dengan persamaan regresi Y = 23,987 + 0,545X dimana Fhitung = 19,937 >Ftabel = 4,18 danThitung = 4,465 >Ttabel = 2,045 serta nilai koefisien korelasi sebesar 0,638 yang dikategorikan dalam hubungan yang kuat. (3) Besarnya kontribusi yang diberikan self concept terhadap kemampuan berpikir logis sebesar 40,7% sedangkan sisanya 59,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Self Concept, Kemampuan berpikir logis, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:00
Last Modified: 18 Feb 2020 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item