HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN PERUBAHAN POLA MAKAN PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Anggraeni, Ni Made Dwi (2020) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN PERUBAHAN POLA MAKAN PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI - NI MADE DWI ANGGRAENI - H1A016064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Latar Belakang: Stres merupakan suatu respon tubuh pada masalah yang dihadapi sehari – hari, sehingga stres merupakan tantangan yang berat bagi homeostasis tubuh. Salah satu metode tubuh untuk mengembalikan homeostasis adalah dengan perubahan pola makan. Stres yang lebih berat diperkirakan terjadi pada mahasiswa, khususnya mahasiswa kedokteran dibandingkan pelajar ditingkat pendidikan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dan perubahan pola makan pada mahasiswa tahun pertama program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang bertujuan mencari hubungan antar variabel dengan metode potong lintang yang berlangsung dari bulan Oktober hingga November 2019. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel berjumlah 100 yang memenuhi kriteria. Uji parametric Spearman digunakan untuk menilai hubungan antara Tingkat Stres dengan Pola Makan. Hasil: Dari 100 responden, berdasarkan tingkat stres, 35 normal (35%), 23 stres ringan (23%), 8 sedang (8%), 5 berat (5%), dan 29 sangat berat (29%). Pola makan sesuai Pedoman Gizi Seimbang (PGS) 47 orang (47%) dan tidak sesuai PGS 53 orang (53%). Berdasarkan hasil uji korelasi bivariat yang dilakukan antara tingkat stres dan pola makan berupa keberagaman konsumsi, didapatkan hasil p>0,05, untuk tingkat stres dan frekuensi makan didapatkan p=0,041, dan untuk tingkat stres dan jumlah konsumsi kalori didapatkan p=0,195. Simpulan: Terdapat hubungan antara tingkat stres dan perubahan pola makan berupa frekuensi makan, tetapi tidak didapatkan hubungan antara tingkat stres dan perubahan pola makan berupa keberagaman konsumsi dan jumlah konsumsi kalori.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tingkat Stres, Pola Makan, Frekuensi Makan, Keberagaman Konsumsi, Jumlah Konsumsi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:59
Last Modified: 18 Feb 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15382

Actions (login required)

View Item View Item