Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dalam Pada Manusia Berbasis Android Menggunakan Metode Forward Chaining (Expert System to Diagnose Internal DiseaseUsingForward Chaining On Android)

Muzayyad, Hasani (2020) Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dalam Pada Manusia Berbasis Android Menggunakan Metode Forward Chaining (Expert System to Diagnose Internal DiseaseUsingForward Chaining On Android). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal-Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dalam Pada Manusia Berbasis Android.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)

Abstract

Pentingnya kinerja organ tubuh yang ada di dalam tubuh manusia membuat manusia harus dapat menjaga kesehatan agar organ tubuh tetap bekerja dengan baik. Adanya kerusakan pada organ vital dalam tubuh yang menyebabkan suatu penyakit, di dunia medis tergolong dalam penyakit dalam. Penyakit dalam merupakan penyakit yang serius untuk ditangani karena penyakit dalam ini berkaitan dengan banyak organ vital dalam tubuh manusia dan sering diderita oleh kebanyakan orang. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini adalah teknologi mobile atau handphone yang sudah menggunakan sistem operasi android. Perkembangan teknologi di bidang kesehatan sangat membantu tenaga medis untuk bekerja, seperti dalam mendiagnosas penyakit dan mengobati pasien. Salah satu teknologi dalam mendiagnosa penyakit adalah sistem pakar. Pada penelitian digunakan metode forward chaining dalam membangun sistem pakar. Forward chaining merupakan metode pengambilan keputusan yang dimulai dari pengambilan premis (fakta) menuju konklusi (kesimpulan akhir). Pemecahan masalah pada forward chaining dimulai dari fakta masalah yang diberikan menuju kesimpulan. Tujuan penelitian ini agar orang dapat melakukan diagnosa penyakit dalam secara dini menggunakan sistem berbasis android. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem dapat melakukan diagnosa penyakit dengan akurasi sebesar 70% dalam proses diagnosis dengan jumlah 8 penyakit dan 35gejala.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Teknologi, Sistem Pakar, Penyakit Dalam, Forward Chaining.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:58
Last Modified: 18 Feb 2020 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15394

Actions (login required)

View Item View Item