KORELASI ANTARA EKSPRESI GLUT4 NEURON HIPOKAMPUS DAN TRAVEL TIME TIKUS MODEL DIABETES TIPE 2 PADA PEMERIKSAAN MORRIS WATER MAZE DENGAN WAKTU PENGAMATAN YANG BERBEDA

Muliyana, Hifdzil Haq (2020) KORELASI ANTARA EKSPRESI GLUT4 NEURON HIPOKAMPUS DAN TRAVEL TIME TIKUS MODEL DIABETES TIPE 2 PADA PEMERIKSAAN MORRIS WATER MAZE DENGAN WAKTU PENGAMATAN YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi-Hifdzil Haq Muliyana-H1A016036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang dapat mengganggu fungsi organ tubuh. Kejadian diabetes di Indonesia pada usia 15 tahun ke atas meningkat dua kali lipat di tahun 2013 dibandingkan tahun 2007. Terdapat berbagai marker yang dapat digunakan dalam menilai fungsi kognitif pada hipokampus, salah satunya adalah protein GLUT4. Pada penderita diabetes melitus menunjukkan terdapat perubahan kadar protein GLUT4 di otak. Perubahan ini diduga memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi kognitif. Metode: Penelitian eksperimental ini menggunakan 16 ekor tikus putih (Rattus novergicus) yang dibagi secara acak menjadi 4 kelompok yaitu 2 kelompok kontrol (A0 dan A1), dan 2 kelompok perlakuan (B0 dan B1). Tikus kemudian dilatih fungsi kognitifnya dengan morris water maze selama 4 hari. Kelompok perlakuan diinduksi diabetes dengan nikotinamid 110 mg/kgBB dan streptozotocin 70 mg/kgBB dosis tunggal secara intraperitoneal. Data penelitian diperoleh dari pemeriksaan imunohistokima jaringan hipokampus dan travel time pemeriksaan morris water maze. Hasil: Rerata ekspresi GLUT4 kelompok tikus diabetik signifikan lebih tinggi pada pengamatan hari ke-14 dibandingkan hari ke-0 (p<0.05). Rerata ekspresi GLUT4 signifikan lebih tinggi pada kelompok diabetik dibandingkan kelompok kontrol pada pengamatan hari ke-14 (p<0.05), namun tidak pada pengamatan hari ke-0 (p>0.05). Rerata travel time tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan pada semua pengamatan (p>0,05). Hasil uji korelasi tidak menunjukkan nilai yang signifikan pada pengamatan hari ke-0 maupun hari ke-14 (p>0.05). Simpulan: Tidak terdapat korelasi yang bermakna antara ekspresi GLUT4 neuron hipokampus dan travel time tikus model diabetes tipe 2 dengan pemeriksaan morris water maze pada waktu pengamatan hari ke-0 dan ke-14.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): GLUT4, travel time, diabetes
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2020 00:52
Last Modified: 19 Feb 2020 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item