PERBANDINGAN PERSEPSI TERHADAP STRESOR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER TINGKAT I, II DAN III FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Ramadhanty, Bintang Ayudian (2020) PERBANDINGAN PERSEPSI TERHADAP STRESOR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER TINGKAT I, II DAN III FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Latar Belakang: Mahasiswa kedokteran umumnya akan mengalami kejadian stres. Stres dipicu karena adanya suatu stresor. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan stres pada mahasiswa kedokteran, baik itu faktor akademik maupun non akademik. Setiap tingkatan mahasiswa kedokteran memiliki perbedaan persepsi terhadap stres. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan dokter tingkat I, II dan III Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang memenuhi kriteria inklusi. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner MSSQ-20. Analisis statistik yang digunakan adalah uji komparatif Kruskal Wallis untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan persepsi terhadap stresor. Hasil: Tidak terdapat perbedaan persepsi untuk domain stresor ARS, IRS, TLRS, SRS dan DRS pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter tingkat I, II dan III (p >0,05). Namun terdapat perbedaan persepsi untuk domain stresor GARS pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter tingkat I, II dan III (p <0,05). Simpulan: Tidak terdapat perbedaan persepsi terhadap domain stresor terkait masalah akademik, hubungan intrapersonal dan interpersonal, belajar mengajar, sosial, keinginan dan dorongan. Terdapat perbedaan persepsi terhadap stresor terkait masalah aktivitas dalam kelompok pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter tingkat I, II dan III.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Stresor, MSSQ-20, Mahasiswa Kedokteran
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2020 00:48
Last Modified: 19 Feb 2020 00:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15439

Actions (login required)

View Item View Item