PROFIL DARAH IKAN KAKAP PUTIH YANG DIINFEKSI BAKTERI Vibrio sp. DENGAN PEMBERIAN EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera)

NOVITA, NOVITA (2020) PROFIL DARAH IKAN KAKAP PUTIH YANG DIINFEKSI BAKTERI Vibrio sp. DENGAN PEMBERIAN EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)

Abstract

Ikan kakap putih (Lates calcarifer Bloch) atau seabass merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang cukup populer di Indonesia. Ikan kakap putih memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Salah satu kendala yang dihadapi dalam usaha budidaya dan produksi benih ikan kakap putih sering menghadapi masalah yaitu adanya serangan penyakit. Salah satu penyakit yang menyerang ikan air laut adalah bakteri Vibrio harfeyi. Bakteri Vibrio merupakan genus yang dominan pada lingkungan air payau dan air laut. Kondisi kesehatan ikan dapat diketahui dari pemeriksaan hasil darah, yaitu dengan melihat perbandingan jumlah eritrosit dan leukositnya, kadar hemoglobin (Hb) berkorelasi kuat dengan kadar hematokrit dan sel darah merah, semakin rendah eritrosit maka semakin rendah pula kadar hemoglobin dalam darah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengendalikan penyakit ini adalah dengan pemberian imunostimulan. Lidah buaya telah dilaporkan mengandung beberapa bahan tingkat kelangsungan hidup diuji menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan jika berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua perlakuan memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata (p<0.05) terhadap jumlah eritrosit, kadar hemoglobin, leukosit, sel limfosit, sel neutrofil, tetapi memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap jumlah leukosit, jumlah monosit dan tingkat kealngsungan hidup ikan kakap putih.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan kakap putih, bakteri, lidah buaya (Aloe vera), leukosit, monosit dan tingkat kelangsungan hidup.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:03
Last Modified: 21 Feb 2020 09:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15480

Actions (login required)

View Item View Item