ANALISIS RANTAI NILAI USAHA “NASI BALAP” DI KOTA MATARAM

Wiwin, Sartini (2020) ANALISIS RANTAI NILAI USAHA “NASI BALAP” DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
J_WIWIN SARTINI_ANALISIS RANTAI NILAI_100919.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisa struktur usaha dan situasi pasar akhir nasi balap, (2) menganalisa kinerja rantai nilai usaha nasi balap di Kota Mataram, (3) Merumuskan strategi peningkatan daya saing usaha nasi balap di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dilakukan di Kota Mataram dengan responden penelitian adalah pengolah dan pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 Jenis kemasan yang digunakan oleh pengusaha nasi balap yaitu daun pisang dan kertas nasi, dan terdapat 4 jenis lauk pauk yang digunakan yaitu ayam potong, ikan laut, belut dan telur. Nasi balap tersebut dipasarkan dilapak atau warung-warung pinggir jalan di Kota Mataram.Harga jual rata-rata untuk satu bungkus nasi balap dengan harga Rp 5.000. Struktur industri nasi balap di Kota Mataram terdiri dari 155 unit usaha yang tersebar di setiap kecamatan di Kota Mataram dan produksi paling banyak terdapat pada Kecamatan Selaparang 890 bungkus per hari dan produksi paling sedikit terdapat pada Kecamatan Sekarbela yaitu 70 bungkus per hari ;Skor kinerja aktivitas utama rantai nilai adalah logistik masuk 4, operasi 4, logistik keluar 4, pemasaran dan penjualan 3, pelayanan 4. Skor kinerja aktivitas pendukung adalah infrastruktur perusahaan 2, manajemen sumber daya manusia 4, pengembangan teknologi 3 dan pengadaan 4. Margin usaha nasi balap di Kota Mataram Rp 426.339,70,- per produksi dengan per satuan produk Rp 2.944,84 ,- per bungkus dengan margin persen sebanyak 54,54%; Strategi Peningkatan daya saing melalui pengurangan biaya adalah menjalin kerjasama langsung dengan pemasok atau pedagang agar mengurangi biaya bahan baku. Strategi peningkatan daya saing melalui diferensiasi adalah memperbaiki kemasan, meningkatkan kualitas produk (merek/lebel), meningkatkan promosi, meningkatkan perhatian pemerintah dan mengembangkan teknologi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kota Mataram, struktur industri strategi daya saing
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:02
Last Modified: 21 Feb 2020 09:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15482

Actions (login required)

View Item View Item