PENGARUH PEMBANGUNAN PARIWISATA AIR TERJUN JOBEN TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PESANGGARAHAN KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR

KIBLIADI, KIBLIADI (2020) PENGARUH PEMBANGUNAN PARIWISATA AIR TERJUN JOBEN TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PESANGGARAHAN KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
jurnal skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh pembangunan pariwisata air terjun Joben terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat.dengan rumusan masalah yang ingin diungkapkan peneliti dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh pembangunan pariwisata terhadap kondisi sosial ekonomi dan bagaimana kendala yang dihadapi masyarakat dalam mengembangkan objek wisata air terjun Joben di Desa Pesanggarahan Kecamatan Montong Gading.Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana pengaruh pembangunan pariwisata air terjun Joben terhadap kondidi social ekonimi masyarakat dan bagimana kendala masyrakat dalam mengembangkan objek wisata. Penelitian yang ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal komparatif . Unit analisis dalam penelitian ini adalah berupa individu yang tinggaldi wilayahair terjun Joben.Jenis dan sumber utama dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.Populasi dan sampel yang menjadi populasi disini yaitu seluruh kepala keluarga dan yang menjadi sampel kepala keluarga.Variable dan cara pengukuran aspek sosial masyarakat dan aspek sosial ekonomi. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembangunan pariwisata air terjun Joben mampu membawa suatu perubahan pada aspek sosial masyarakat seperti pendidikan, tingkat pendidikan dan minat pendidikan yang terus beruba semenjak berkembang, partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat, kesehatan serta aspek keamanan. Serta pada aspek sosial ekonomi masyarakat, seperti pekerjaan pokok dan pekerjaan sampingan yang beragam serta penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat semakin meningkat semenjak berkembangnya wisata air terjun Joben dan adapun kendala masyarakat untuk mengembangkan wisata berupa kendala internal dan ekternal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sosial Ekonomi Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Feb 2020 02:29
Last Modified: 26 Feb 2020 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15492

Actions (login required)

View Item View Item