ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI POLYA

HURUN’IN, HURUN’IN (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI POLYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi edit fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, mendeskripsikan tingkat persentase kesalahan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan mengetahui faktor penyebab kesalahan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VIII B SMPN 17 Mataram tahun pelajaran 2018/2019 dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan teori Polya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara kemudian dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan pedoman analisis kesalahan menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa terjadi pada semua tahapan yang dikemukakan oleh Polya. Siswa berkemampuan tinggi melakukan kesalahan terbanyak pada tahap memeriksa kembali yaitu dengan kategori tinggi, siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan terbanyak pada tahap melaksanakan rencana yaitu dengan kategori sangat tinggi, siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan terbanyak pada tahap memeriksa kembali yaitu dengan kategori sangat tinggi,. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan pada setiap tahapan Polya adalah siswa tergesa-gesa, kurang teliti, kurang memahami langkah yang digunakan, lupa tentang materi prasyarat baik sifat, prosedur pengerjaan, dan tidak terbiasa dalam memeriksa kembali hasil pekerjaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesalahan, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Teori Polya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Mar 2020 00:10
Last Modified: 02 Mar 2020 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15511

Actions (login required)

View Item View Item