METHODS OF INTEGRATING MORAL VALUES IN STORYTELLING: A CASE STUDY OF CHILDREN LEARNING ENGLISH AT BALE BACA KERAJAAN DONGENG TOJONG-OJONG”

AFIFUDIN, MUHAMMAD (2020) METHODS OF INTEGRATING MORAL VALUES IN STORYTELLING: A CASE STUDY OF CHILDREN LEARNING ENGLISH AT BALE BACA KERAJAAN DONGENG TOJONG-OJONG”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
thesis move fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam bercerita di Bale Baca Kerajaan Dongeng Tojong-Ojong. Penelitian ini berfokus pada apa nilai-nilai moral yang diintegrasikan kepada anak-anak mealui mendongeng, apa nilai-nilai moral tertentu yang terintegrasi dalam bercerita, dan apa metode yang digunakan untukmengintegrasikan nilai-nilai moral yang digunakan oleh pendongeng. Penelitian ini adalah studi kasus deskriptif dengan desain penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah anak-anak dan dua pendongeng. Data diperoleh melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan rekaman. Data dianalisa secara kualitatif dengan mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menjelaskan nilai-nilai moral dan metode integrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa hormat (26,67%) dan kerja sama (15%) lebih dominan daripada yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan nilai moral tertentu yang ditemukan dalam mendongeng. Metode pengintegrasian nilai moral ditemukan dalam bentuk Accommodation (70%), Dedication (28,33%), dan Resistance (1,67%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Moral, Metode Integrasi, dan Mendongeng.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Mar 2020 00:10
Last Modified: 02 Mar 2020 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item View Item