AFIFUDIN, MUHAMMAD (2020) METHODS OF INTEGRATING MORAL VALUES IN STORYTELLING: A CASE STUDY OF CHILDREN LEARNING ENGLISH AT BALE BACA KERAJAAN DONGENG TOJONG-OJONG”. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
thesis move fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam bercerita di Bale Baca Kerajaan Dongeng Tojong-Ojong. Penelitian ini berfokus pada apa nilai-nilai moral yang diintegrasikan kepada anak-anak mealui mendongeng, apa nilai-nilai moral tertentu yang terintegrasi dalam bercerita, dan apa metode yang digunakan untukmengintegrasikan nilai-nilai moral yang digunakan oleh pendongeng. Penelitian ini adalah studi kasus deskriptif dengan desain penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah anak-anak dan dua pendongeng. Data diperoleh melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan rekaman. Data dianalisa secara kualitatif dengan mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menjelaskan nilai-nilai moral dan metode integrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa hormat (26,67%) dan kerja sama (15%) lebih dominan daripada yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan nilai moral tertentu yang ditemukan dalam mendongeng. Metode pengintegrasian nilai moral ditemukan dalam bentuk Accommodation (70%), Dedication (28,33%), dan Resistance (1,67%).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Nilai Moral, Metode Integrasi, dan Mendongeng. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 00:10 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 00:10 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15512 |
Actions (login required)
View Item |