TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU KADER TERHADAP PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK STUNTING DI DESA LOKUS STUNTING LOMBOK TENGAH

Fahroni, Muhammad Junia (2020) TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU KADER TERHADAP PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK STUNTING DI DESA LOKUS STUNTING LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI FINAL FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Masalah Stunting masih menjadi persoalan yang serius di NTB sehingga memerlukan penanganan yang komprehensif dan terpadu. Tingkat kesadaran masyarakat, serta pemantauan status gizi secara tidak langsung pada anak tidak terlepas dari peranan kader posyandu yang berperan aktif dalam memberikan informasi mengenai MP-ASI. Tingkat keberhasilan posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, termasuk kader. Sehingga betapa pentingnya pemahaman kader dan masyarakat akan MP-ASI dan stunting. Tujuan: mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku kader terhadap pemberian MPASI pada anak stunting di lokus stunting Lombok Tengah. Metode: Penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik yang menggunakan rancangan cross sectional. Penentuan subjek dilakukan dengan cara teknik pegambilan sampel purposive sampling. Terdapat 62 partisipan yang mengikuti penelitian ini. Cara pengambilan data dilakukan menggunakan pengisian kuesioner sebanyak 3 jenis kuesioner. Analisis data dilakukan dengan dengan cara uji korelasi spearman menggunakan program SPSS. Hasil: Sebanyak 90.3% kader (56 orang) memiliki tingkat pengetahuan baik, sedangkan 9.7% kader (6 orang) memiliki tingkat pengetahuan cukup, dan tidak ada yang memiliki tingkat pengetahuan kurang. Sebanyak 71% kader (44 orang) memiliki sikap baik, sedangkan 29% kader (18 orang) memiliki sikap cukup, dan tidak terdapat kader yang memilki sikap kurang.Sebanyak 61.3% (38 orang) kader memiliki perilaku baik, 37.1% kader (23 orang) termasuk kategori cukup, dan 1.6% kader (1 orang) dengan perilaku kurang. Nilai „P‟ tingkat pengetahuan kader terhadap kejadian stunting adalah 0.520, sedangkan sikap terhadap stunting 0.190, dan perilaku terhadap stunting 0.593. Nilai „r‟ tingkat pengetahuan kader terhadap kejadian stunting adalah -0.083, sikap terhadap stunting -0.169, dan perilaku terhadap stunting -0.069 yang bermakna kekuatan hubungan antar variabel sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tingkat Pengetahuan, sikap, perilaku, kader, MP-ASI, stunting
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:52
Last Modified: 11 Mar 2020 08:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15538

Actions (login required)

View Item View Item