STANDAR VISUM ET REPERTUM YANG BERKUALITAS DALAM PERKARA PIDANA KASUS PERLUKAAN DARI PERSPEKTIF HAKIM SEBAGAI PENEGAK HUKUM DI KOTA MATARAM

Sinensis HI, Noviani Rosa (2020) STANDAR VISUM ET REPERTUM YANG BERKUALITAS DALAM PERKARA PIDANA KASUS PERLUKAAN DARI PERSPEKTIF HAKIM SEBAGAI PENEGAK HUKUM DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi - Noviani Rosa Sinensis HI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

Latar Belakang: Saat ini belum ada standarisasi pembuatan Visum et repertum, sehingga dibutuhkan adanya standarisasi yang jelas agar para dokter, ahli atau dokter ahli kehakiman (forensik) memiliki pendapat yang sama tentang Visum et repertum. Hakim sebagai pembuat putusan akhir di pengadilan harus meningkatkan pengetahuannya di bidang keilmuan forensik agar dapat memaknai makna Visum et repertum yang jelas sesuai dengan standar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar Visum et repertum yang berkualitas dalam perkara pidana kasus perlukaan dari perspektif hakim sebagai penegak hukum di Kota Mataram. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan kuesioner Visum et repertum. Narasumber penelitian adalah 5 orang Hakim di Pengadilan Negeri Mataram. Hasil: Hakim di Pengadilan Negeri Mataram sebagian besar berpendapat bahwa standar kualitas Visum et repertum saat ini cukup baik. Hasil skoring yang menunjukan hakim memiliki perspektif yang baik yaitu definisi Visum et repertum 79,1%, jenis Visum et repertum 89,3%, format pendahuluan Visum et repertum 95%, dan format pemberitaan Visum et repertum 78,6%. Hasil skoring yang menunjukan hakim memiliki perspektif yang cukup yaitu dasar hukum Visum et repertum 70,5% dan format kesimpulan dan penutup Visum et repertum 71,6%. Simpulan : Hakim di pengadilan negeri mataram memiliki perspektif yang baik terkait definisi Visum et repertum, dasar hukum Visum et repertum, jenis Visum et repertum dan format Visum et repertum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Visum et repertum, perlukaan, perpektif hakim
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:52
Last Modified: 11 Mar 2020 08:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15539

Actions (login required)

View Item View Item