KEBERADAAN SERANGGA HAMA PENGHISAP DAUN DAN PREDATOR GENERALIS COCINELLIDAE PADA PERTANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.)

Yeyen Ayu Lestari, S (2020) KEBERADAAN SERANGGA HAMA PENGHISAP DAUN DAN PREDATOR GENERALIS COCINELLIDAE PADA PERTANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Yeyen Ayu Lestari S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yeyen Ayu Lestari S. “Keberadaan Serangga Hama Penghisap Daun dan Predator Generalis Coccinellidae Pada Pertanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.)“ di bimbing oleh Dr.Ir. Tarmizi MP. Dan Prof. Ir. M. Sarjan,M.Ag.CP., Ph.D. Cabai merah merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomis penting di Indonesia. Cabai mengandung zat gizi yang sangat diperlukan untuk kesehatan manusia seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, phosfor, besi, vitamin dan senyawa alkaloid seperti capsaicin, flavonoid dan minyak esensial. Tanaman cabai merah cocok dibudidayakan di dataran rendah pada lahan atau sawah atau tegalan dengan ketinggian 0-1000 mdpl. Permukaan tanah yang paling ideal adalah dataran dengan sudut kemiringan lahan 0 sampai 10 derajat serta membutuhkan sinar matahari penuh dan tidak ternaungi. Pertumbuhan yang panjang untuk tetap produktif dengan baik dengan suhu siang rata-rata 20-25˚C, pertumbuhan tanaman meningkat ketika suhu malam tidak melebihi 20˚C. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Juli sampai bulan Agustus di Kelurahan Lendang Kelor, Desa Sayang Sayang Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik survey serta pengumpulan data dilapangan. Pengambilan sampel diambil secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan hama penghisap daun ditemukan spesies Aphis gosspyii, Bemisia tabaci, Paracoccus margiatus, Thrips parvispinus. Dan predator Coccinellidae ditemukan Verania lienata, Cheilomenes sexmaculatus, Coleophora reniplagiata. Populasi tertinggi yaitu pada hama penghisap daun Bemesia tabaci dengan rata-rata sebesar 264,4, sedangkan predator Coccinellidae populasi tertinggi adalah Chilomenes sexmaculatus dengan rata-rata sebesar 1,68. Indeks keragaman hama penghisap daun dengan total 1,364. Indeks dominasi dan kelimpahan hama Bemisia tabaci senilai 0,126 dan 35,58%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hama, serangga
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:21
Last Modified: 02 Apr 2020 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15574

Actions (login required)

View Item View Item