STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DINASTI PADA PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT

IRAWAN, NANANG PUTRA (2020) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DINASTI PADA PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NANANG PUTRA IRAWAN NIM. L1B014029...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada tanggal 09 Desember 2015, awal mulanya dilaksanakan Pilkada serentak, salah satunya pemilihan Bupati di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, dimana diikuti oleh empat calon kandidat, salah satunya dari keluarga Kesultanan/Bangsawan Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, istri mendiang H. Ferry Zulkarnain, ST yang pernah menjabat sebagai Bupati Bima tahun 2005- 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Politik dinasti pada pemenangan pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Bupati Kabupaten Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, SE, Tim sukses pada pemenangan Bupati Kabupaten Bima, Drs. M. Guntur dan M. Iptidaiyah SE, M,M dan Pengamat Politik Kabupaten Bima, Firdaus, S,Sos, M,Si. Hasil penelitian ini menunjukan konsep marketing politik Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dan Dahlan M. Nur yang terdiri dari Segmentasi, Targeting dan Positioning. Pelaksanaan strategi komunikasi politik yang merupakan aplikasi dari perencanaan selanjutnya akan dianalisis melalui standar formulasi komunikasi politik yaitu dengan komunikator, komunikan, pesan, media dan efek dan kemudian akan dilihat dari tingkat elektabilitas terkait ketertarikan publik dalam memilih seorang figure dan tingkat Kepercayaan dan Loyalitas Konstituen. Pada strategi komunikasi politik dinasti Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, peneliti menemukan empat modalitas yang dominan dimiliki oleh Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dibandingkan dengan kandidat lainnya. Modalitas tersebut adalah modal politik, sosial, ekonomi dan simbolik. Hal ini membuktikan bahwa Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE mampu mengakumulasi modal yang dimilikinya, sehingga berhasil memenangkan sebuah kontestasi politik dan sekaligus berhasil menjadi Bupati perempuan pertama di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kontestasi Politik, Marketing Politik, Modalitas dan Pilkada
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:20
Last Modified: 02 Apr 2020 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15584

Actions (login required)

View Item View Item