RESIKO RELATIF KOMPONEN DAN FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL INSEMINASI BUATAN PADA TIGA KELOMPOK TERNAK YANG BERADA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

DANI, RAMDANI (2020) RESIKO RELATIF KOMPONEN DAN FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL INSEMINASI BUATAN PADA TIGA KELOMPOK TERNAK YANG BERADA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DANI RAMDANI (B1D015046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

penelitian ini adalah induk ternak sapi yang dijadikan akseptor IB sebanyak 90 ekor. Variabel yang diamati adalah kepemilkan ternak, sistem perkandangan, kebersihan kandang, ketersediaan pakan dan skor kondisi tubuh ternak. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa faktor kepemilikan ternak merupakan faktor yang berpengaruh kecil terhadap keberhasilan IB pada setiap kelompok ternak dengan hasil masing-masing 0,63 pada Kelompok Ternak Sumber Rejeki Sukarara , 0,57 Pada Kelompok Ternak Ingin Maju Bunut Baok dan 0,89 pada Kelompok Ternak Toes Arjangka. Sistem perkandangan merupakan faktor yang paling berpengaruh besar terhadap keberhasilan IB yaitu 1,57 pada Kelompok Ternak Sumber Rejeki Sukarara, 2,29 Pada Kelompok Ternak Ingin Maju Bunut Baok dan 2,00 pada Kelompok Ternak Toes Arjangka. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa di tiga kandang kelompok ternak faktor kepemilikan ternak berpengaruh kecil terhadap keberhasilan IB dan faktor sekat pada kandang berpengaruh besar terhadap keberhasilan IB. Faktor kebersihan kandang, ketersediaan pakan dan skor kondisi tubuh ternak merupakan pengaruh utama terhadap keberhasilan IB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Resiko relatif, komponen, faktor, inseminasi buatan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:23
Last Modified: 18 Jun 2020 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15720

Actions (login required)

View Item View Item