PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KAUSALITIK TERHADAPKEMAMPUAN BERNALAR FISIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK MAN 2 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurjamilah, Nurjamilah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KAUSALITIK TERHADAPKEMAMPUAN BERNALAR FISIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK MAN 2 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Nurjamilah_Kemampuan Bernalar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran kausalitik terhadap kemampuan bernalar peserta didikdalam pembelajaran fisikadi MAN 2 Mataram tahun pelajaran 2019/2020 (2) pengaruh kreativitas peserta didik terhadap kemampuan bernalar dalam pembelajaran fisika di MAN 2 Mataram tahun pelajaran 2019/2020 (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran kausalitik dan kreativitas terhadap kemampuan bernalar peserta didik dalam pembelajaran fisika di MAN 2 Mataramtahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain untreatedcontrol group design with pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA MAN 2 Mataram. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas X MIA 3 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kausalitik yang digunakan pada kelas eksperimen, sedangkan kemampuan bernalar sebagai variabel terikat dan kreativitas sebagai variabel moderator. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan bernalar dan kreativitas adalah instrumen tes berupa tes uraian sebanyak 4 butir. Data hasil dianalisis menggunakan analisis varians (anava) dua jalan dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kausalitik terhadap kemampuan bernalar fisika peserta didik di MAN 2 Mataram, karena sig.<0,05; (2) terdapat pengaruh kreativitas peserta didik terhadap kemampuan bernalar fisika peserta didik di MAN 2 Mataram, karena sig.<0,05; serta (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kausalitik dan kreativitas terhadap kemampuan bernalar fisika peserta didik di MAN 2 Mataram, karena sig.>0,05. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji anava dua jalur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kausalitik, Kemampuan Bernalar, Kreativitas.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:50
Last Modified: 19 Jun 2020 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

View Item View Item