PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

MUHAMMAD, ARIFUDDIN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - MUHAMMAD ARIFUDDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain post-test only non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel digunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa (post-test) pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram diukur menggunakan Effect Size yaitu 1,8 (kategori tinggi). Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Bagi guru, khususnya di SMP Negeri 13 Mataram hendaknya menjadi salah satu alternatif pembelajaran model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:50
Last Modified: 19 Jun 2020 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15817

Actions (login required)

View Item View Item