PENGARUH BRAND AMBASSADOR CRISTIANO RONALDO DALAM KAMPANYE ”9.9. SUPER SHOPPING DAY” TERHADAP BRAND IMAGE SHOPEE

NADA, ABDUL MUJIB NAGIB (2020) PENGARUH BRAND AMBASSADOR CRISTIANO RONALDO DALAM KAMPANYE ”9.9. SUPER SHOPPING DAY” TERHADAP BRAND IMAGE SHOPEE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nada Nagib Skripsi fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Platform e-commerce Shopee menghadirkan kolaborasi terbaru dengan bintang dunia, Cristiano Ronaldo, yang dibaluti melalui kampanye “9.9 Super Shopping Day”. Pengumuman kerjasama tersebut disambut antusias oleh publik mengingat pemilihan endorser sebelumnya tidak diminati dan menimbulkan efek yang kurang sepadan dengan performa Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Brand Ambassador Cristiano Ronaldo dalam kampanye “9.9 Super Shopping Day” terhadap Brand Image Shopee. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner (angket) dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji korelasi Spearman, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji t), dan koefisien determinasi. Kemudian uji keabsahan dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa ada pengaruh brand ambassador terhadap brand image Shopee, hal tersebut ditinjau dari besarnya koefisien regresi variabel Brand Ambassador (X) terhadap Brand Image (Y) adalah sebesar 0, 262. Hal ini berarti jika Ambassador (X) naik 1 satuan maka akan meningkatkan Brand Image (Y) sebesar 0, 262. Lalu, terdapat hubungan yang kuat antara Brand Ambassador (X) terhadap Brand Image (Y) dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,670. Hasil R2 (R Square) menunjukan bahwa sebesar 44.2% Brand Ambassador (X) memiliki kontribusi pengaruh terhadap Brand Image (Y), sedangkan sisanya sebesar 55.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian maka dapat disarankan, (1) Bagi Shopee untuk selektif dalam meninjau dimensi power atau keahlian dari brand ambassador dan meningkatkan brsnd image dengan cara merancang kegiatan yang memperlihatkan keunggulan produk (product review) dan testimoni konsumen. (2) Bagi Shopee untuk mempertahankan dan berfokus pada program terkait dengan promosi (penawaran produk), hal tersebut ditinjau dari persepsi responden terkait Shopee yang berjumlah 531 orang (57.1% ). Indikator tersebut dapat meluruskan persepsi publik terkait dengan brand image yang selaras dengan visi dan misi Shopee.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi publik, penawaran produk, e-commersce.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:51
Last Modified: 19 Jun 2020 03:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15825

Actions (login required)

View Item View Item