Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE)Berbasis Lingkungan Untuk Pembelajaran Saintifik Pada Jenis Main PembangunanBagi Guru PAUD Korban Gempa Di Kecamatan Praya BaratTahun Ajaran 2019

Raudatul, Jannati (2019) Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE)Berbasis Lingkungan Untuk Pembelajaran Saintifik Pada Jenis Main PembangunanBagi Guru PAUD Korban Gempa Di Kecamatan Praya BaratTahun Ajaran 2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Raudatul Jannati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di sekolah yang masih memiliki banyak kekurangan salah satunya adalah keterbatasan APE bagi anak. Tidak hanya itu, gempa bumi yang terjadi pada Agustus 2018 silam menyebabkan banyak APE yang rusak dikarenakan rusaknya bangunan, terkena air hujan, dan banyak kehilangan sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana model pengembangan APE, bentuk-bentuk APE, dan kelompok APE berbasis lingkungan yang dapat digunakan untuk pembelajaran saintifik pada jenis main pembangunan bagi guru PAUD korban gempa di Kecamatan Praya Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode angket, FGD, dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pengembangan APEberbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik pada jenis main pembangunan dapat dilakukan melalui empat tahapan model perkembangan yakni identifikasi sumber bahan pembuatan APE berbasis lingkungan pada jenis man pembangunan, pengelompokan bahan pembuatan APE berbasis lingkungan pada jenis man pembangunan, mengembangkan APE berdasarkan kelompok bahan, dan yang terakhir terciptanya APE untuk pembelajaran saintifik. Hasil pengisian angket yang telah dijumlahkan kedalam rumus persentase bahwa sumber bahanyangbanyak mencentang adalah kayu dengan persentase 100%, sedangkan yang memilih paling sedikit adalah alumunium dengan presentase 34%, mengelompokkan bahan pembuatan APE di bagimenjadi dua jenis bahan yang banyak digunakan guru yaitu 18 bahan organik dan6 bahan anorganik, mengembangkan APE berdasarkan pengelompokkan, dan yang terakhir terciptanyan APE untuk pembelajaran saintifik pada jenis main pembangunan yakni menunjukan bagian rumah dengan menggunakan kartu gambar, Mennyusun bentuk geometri menjadi bentuk rumah, Menyusun Kepingan Puzzle Buah, Membuat bentuk rumah, mengenalkan bentuk geometri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Saintifik, APE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:17
Last Modified: 23 Jun 2020 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15908

Actions (login required)

View Item View Item