PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GEOGEBRA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS VIII SMPN 6MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

MAINUN LESTARI, HIDAYATI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GEOGEBRA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS VIII SMPN 6MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Mainun Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Geogebraterhadap hasil belajarsiswapada materi koordinat kartesius kelas VIII SMPN 6 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Penelitian Quasi eksperimeninidirancang dengan menggunakan pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi penelitianiniadalah siswakelas VIIISMPN6Mataram. Dua kelas terpilihsebagai sampel dengan teknikcluster samplingyaitu kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal uraian. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel independen, Gain uji-tdan effect sizeuntuk melihat adanya pengaruh penggunaan media Geogebra pada hasil belajar matematika siswakelas VIIISMPN 6Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pencapaian dan perbedaan peningkatan hasil belajar matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan media Geogebra dan siswa yang belajar tanpa media Geogebra. Konstribusi pembelajaran dengan bantuan media Geogebra terhadap hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakanmedia Geogebra memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswakelas VIII SMPN 6 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Geogebra, Hasil Belajar Matematika, Koordinat Kartesius.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:26
Last Modified: 25 Jun 2020 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item