LITA, AMALIA (2020) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA SD DI KECAMATAN AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI LITA AMALIA (E1E015058).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model think talk write terhadap keterampilan menulis pantun siswa SD di kecamatan Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desainquasi eksperimental tipe none quivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 9 Ampenan yang terdiri dari kelas V A dan kelas V B dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yaitu tes. Tes digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis pantun. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan bantuan SPSS versi16.0. Berdasarkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata keterampilan menulis pantun pada kelas eksperimen adalah 83.94 dan kelas kontrol adalah 77.10. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil pada taraf signifikan 5% sebesar 2.534 dan 1.998 sehingga dapat diketahui Hal ini menunjukkan bahwa ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model think talk write terhadap keterampilan menulis pantun siswa SD di kecamatan Ampenan. Selanjutnya hasil effect size menunjukkan bahwa besarnya pengaruh yang diberikan daripenggunaan model think talk write terhadap keterampilan menulis pantun siswa pada penelitian ini adalah sebesar 0.62 atau sama dengan 62% dan berkategori sedang berdasarkan klasifikasi effect size Cohen’s d.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Think Talk Write, Keterampilan Menulis Pantun |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Solicha Nur Karina, S.IIP |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 02:30 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 02:30 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15951 |
Actions (login required)
View Item |