DESI, NOVITA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI JADI BARU DESI NOVITA ibu.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDpada pelajaran IPA. Kemampuan berpikir kritis yang diukur mencakup lima aspek yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, kesimpulan, membuat penjelasan lanjut, serta strategi dan taktik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 37Cakranegara, dan untuk menentukan sampel digunakan teknik sampel jenuh. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan desainNonequivalent control group. Metode pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Uji hipotesismenggunakan uji t dua pihak dengan tingkat signifikansi α=5%. Berdasarkan hasil uji n-gainpada kelas eksperimen diperoleh n-gain sebesar 0,562dengan kategori sedang, dan pada kelas kontrol di peroleh n-gainsebesar0,226 dengan kategori rendah, artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPA siswa kelas V SDN 37 Cakranegara. Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing tergolong rendah dengan rata-rata nilai pre-test 48,67, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 77,52 tergolong sedang. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran inkuiri terbimbingmemberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, IPA SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Solicha Nur Karina, S.IIP |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 02:31 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 02:31 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15952 |
Actions (login required)
View Item |