DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-MA’ARIF NU AL-MANSHURIYAH TANAK RARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURHAYATUN, NURHAYATUN (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-MA’ARIF NU AL-MANSHURIYAH TANAK RARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampun pemecahan masalah berdasarkan langkah-langkah Polya materi garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Al-Ma’arif NU Al-Manshuriyah Tanak Rarang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang terdiri dari 2 soal berbentuk uraian. K emampuan pemecahan masalah siswa diketahui melalui analisis terhadap jawaban mereka dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan dan melalui tes wawancara yang telah dilakukan. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah (understanding the problem), merencanakan penyelesaian (devising a plan), melaksanakan rencana (carrying out the plan), dan melihat kembali (looking back). Dari hasil penelitian didapatkan hasil: (a) kemampuan pemecahan masalah baik dan cukup, dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian , dan melihat kembali, siswa sudah mampu melalui tahap-tahap pemecahan masalah Polya dengan lengkap dan tepat, walaupun pada tahap melihat kembali siswa belum mampu melaksanakannya dengan runtun dan ada beberapa siswa yang belum bisa melaluinya, (b) kemampua pemecahan masalah kurang dan kurang sekali, dalam merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian , dan melihat kembali, siswa belum mampu melaksanakan tahap-tahap pemecahan masalah menurut Polya dengan lengkap dan tepat. Sedangkan pada tahap memahami masalah siswa mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, walaupun ada beberapa siswa yang hanya menuliskan hal yang diketahui saja atau hal yang ditanyakan saja dari soal. Secara umum, kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kemampuan pemecahan masalah yang kurang dan kurang sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:Tahap pemecahan masalah Polya, Kemampuan pemecahan masalah, Garis singgung lingkaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:24
Last Modified: 13 Jul 2020 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item View Item