PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (STUDI DESKRIPSI DI MTs SE-KOTA MATARAM)

FAHMI, - (2019) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (STUDI DESKRIPSI DI MTs SE-KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan, faktor-faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran pada guru PPKn serta upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran pada guru PPKn (studi deskriptif di MTs Se-Kota Mataram). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari data yang dikumpulkan dianalisis dengan cara deskriptif melalui langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran pada guru PPKn (studi deskriptif di MTs Se-kota Mataram) sudah memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran. Jenis media yang dimanfaatkan oleh MTs yang menjadi lokasi penelitian yakni, MTs Negeri 1 Mataram memanfaatkan media sosial whatsapp, youtube, website, facebook dan jenis media yang dimanfaatkan oleh guru PPKn di MTs Negeri 2 Mataram media social website dan youtube sedangkan jenis media yang dimanfaatkan oleh MTs Negeri 3 Mataram media sosial website dan youtube. Adapun faktor pendukung serta penghambat media sosial sebagai media pembelajaran pada guru PPKn (studi deskriptif di MTs Se-kota Mataram) yaitu meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari pengalaman, minat dan motivasi, sedangkan faktor eksternal terdiri dari sarana, prasarana, anggaran dan kebijakan. Adapun upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan (1) Bekerjasama Dinas Pendidikan Mataram, (2) Pihak Sekolah berupaya meningkatkan minat dan motivasi guru, (3) Pihak Sekolah berupaya menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, (4) Pihak Sekolah berupaya untuk menambah anggaran, (5) Kepala Sekolah berupaya membuat kebijakan yang tegas tentang pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemanfaatan Media Sosial, Guru PPKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:20
Last Modified: 30 Jun 2020 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item View Item