ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SRI SURYA, SASIH (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI SURYA SASIH (E1R115065) P.MATEMATIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Selain itu juga untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah untuk tiap-tiap langkah pemecahan. Subjekpada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B yang berjumlah 39 orang siswa.Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebesar 66,2 dengan kriteria baik, siswa dengan tingkat kemampuan matematika sedang memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebesar 58,0 dengan kriteria cukup dan siswa dengan tingkat kemampuan matematika rendah memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebesar 40,5 dengan kriteria kurang. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa 56,3 dengan kriteria cukup. Kurangnyahasil tes siswa ketika dianalisis disebabkan karena siswa tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahuidan ditanyakan dengan lengkap, salah membuat rencana penyelesaian, kekeliruan dalam melaksanakan rencana penyelesaian serta siswa tidak menuliskan kegiatan memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Pemecahan Masalah, Tingkat Kemampuan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:21
Last Modified: 30 Jun 2020 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16021

Actions (login required)

View Item View Item