PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MAN LOMBOK BARAT

BUDIANA, HARTINI (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MAN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhCooverative LearningTipe Scriptterhadap hasil belajar pengetahuan siswa kelas XI IPApada mata pelajaran ppkn di man lombok barattahun 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan quasieksperimendalam bentuk equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Lombok Barat tahun ajaran 2019/2020. Jumlah siswa dalam populasi ini adalah 68 yang tersebar dalam 2 kelas. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2sebagaikelas eksperimen dan kelas XI IPA 1sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Uji hipotesisdilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf kesalahan 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung(3,03) > ttabel(1,671) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Cooverative LearningTipe Scriptterhadap hasil belajar pengetahuan siswa kelas XI IPA di MAN Lombok Barat tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Cooverative Learning Tipe Script, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:22
Last Modified: 30 Jun 2020 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16022

Actions (login required)

View Item View Item