BUDIANA, HARTINI (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MAN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhCooverative LearningTipe Scriptterhadap hasil belajar pengetahuan siswa kelas XI IPApada mata pelajaran ppkn di man lombok barattahun 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan quasieksperimendalam bentuk equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Lombok Barat tahun ajaran 2019/2020. Jumlah siswa dalam populasi ini adalah 68 yang tersebar dalam 2 kelas. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2sebagaikelas eksperimen dan kelas XI IPA 1sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Uji hipotesisdilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf kesalahan 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung(3,03) > ttabel(1,671) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Cooverative LearningTipe Scriptterhadap hasil belajar pengetahuan siswa kelas XI IPA di MAN Lombok Barat tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Cooverative Learning Tipe Script, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Solicha Nur Karina, S.IIP |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 02:22 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 02:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16022 |
Actions (login required)
View Item |