PENGARUH PROPORSI PASIR PADA PAVING BLOCK BERBAHAN DASAR LIMBAH PLASTIK TIPE LDPE (LOW DENSITY POLYETHYLENE) SEBAGAI PENGGANTI SEMEN

Baiq, Awanda Anjan Dewi (2020) PENGARUH PROPORSI PASIR PADA PAVING BLOCK BERBAHAN DASAR LIMBAH PLASTIK TIPE LDPE (LOW DENSITY POLYETHYLENE) SEBAGAI PENGGANTI SEMEN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR BAIQ AWANDA H. A. DEWI (F1A015023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini plastik digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia. Plastik membutuhkan waktu sampai ratusan tahun untuk dapat benar-benar terurai, sehingga saat ini limbah plastik merupakan masalah lingkungan yang tak berkesudahan. Menurut data yang didapat dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) pada tahun 2017-2018, jumlah timbulan sampah harian ibu kota untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu sebanyak869.84 ton/hari yang terdiri dari berbagai jenis sampah dan diantaranya terdapat 17,24% sampah plastik dari total keseluruhan.Dengan demikian, dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan campuran plastik cair dengan pasir terhadap sifat mekanik dan fisik paving block serta untuk mengetahui besar persentase kadar optimum penggunaan pasir pada campuran yang memenuhi standar kekuatan paving block. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian melakukan penggantian bahan pada paving block, yaitu menggunakan plastik jenis LDPE sebagai bahan penyusun utama dan campuran pasir dengan variasi 0%, 20%, 40%, 60% dan 80% terhadap berat paving block. Pengujian yang dilakukan terhadap benda uji yaitu uji kuat tekan, kuat tarik belah, ketahanan Impact dan daya serap air. Untuk pengujian kuat tarik belah, ketahanan impact dan daya serap air benda uji yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 200 mm x 100 mm x 80 mm. Sedangkan untuk pegujian kuat tekan menggunakan benda uji dengan ukuran 80 mm x 80 mm x 80 mm. Pengujian dilakukan seteelah benda uji berumur 3 hari. Dari hasil penelitian didapatkan nilai kuat tekan optimum diperoleh pada paving block plastik proporsi pasir 60% yaitu sebesar 6,90 MPa. Nilai kuat tarik belah maksimum diperoleh pada paving block plastik proporsi pasir 60% yaitu sebesar 0,664 MPa. Nilai ketahanan Impact maksimum pada kondisi retak dan pecah diperoleh pada paving block plastik proporsi pasir 0% yaitu pada kondisi retak yaitu 1892,884 Joule dan pada kondisi pecah yaitu 2123,558 Joule. Nilai daya serap air optimum diperoleh pada paving block plastik proporsi pasir 40% yaitu sebesar 6,093%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa besar persentase kadar optimum penggunaan pasir pada campuran yang memenuhi standar kekuatan paving block yaitu berada pada kisaran 60%. Pada pengujian kuat tekan didapatkan hasil 6,90 MPa yaitu mendekati klasifikasi mutu D, sedangkan pengujian daya serap air didapatkan hasil 5,37% yaitu masuk klasifikasi mutu B.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Paving block, plastik jenis LDPE, kuat tekan, kuat tarik belah, ketahanan impact, daya serap air.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:26
Last Modified: 08 Jul 2020 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16040

Actions (login required)

View Item View Item