PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020

PUTRI, SETIAWATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PUTRI SETIAWATI 15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togetherterhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Mataram tahun pelajaran 2019/ 2020. Jenis Penelitian ini adalahpenelitiantrue eksperimental dengan desainposttest only control design. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Mataram tahun pelajaran 2019/ 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran yang digunakan dan soal tes berbentuk uraian sebanyak 3 soal untuk melihat kemampuan komunikasi matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabelsehingga rata-rata hasil post testkemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil post testkemampuan komunikasi matematika kelas kontrol, hal ini berarti bahwa h0dimana ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togetherterhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Mataram tahun pelajaran 2019/ 2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif, Numbered Head Together, kemampuan komunikasi matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:28
Last Modified: 08 Jul 2020 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16060

Actions (login required)

View Item View Item