PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA/MA DI KECAMATAN KEDIRI

HAYANI, - (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA/MA DI KECAMATAN KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-HAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) kompetensi pedagogik guru kimia terhadap hasil belajar kimia; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia; (3) pengaruh kompetensi pedagogik guru kimia dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia siswa SMA/MA di Kecamatan Kediri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex-post factodengan populasi penelitian sebanyak 357 siswa dari 7 sekolah yang dipilih menggunakan teknik multistage sampling. Sampel yang diambil sebanyak 139 siswa dari 8 kelas yang terdapat di sekolah SMAN 1 Kediri, MA NW Selaparang, MA Putra Islahuddiny, dan MA Putri Islahuddiny. Pengumpulan data kompetensi pedagogik guru kimia dan motivasi belajar menggunakan angket, sedangkan hasil belajar siswa menggunakan soal tes. Hasil uji validitas dan reliabilitas angket dan soal tes diperoleh 21 angket kompetensi pedagogik guru valid dengan reliabiltas sangat tinggi, 14 angket motivasi belajar valid dengan reliabiltas cukup tinggi, serta 16 soal tes hasil belajar valid dengan tingkat reliabilitas tinggi. Hasil analisis dengan menggunakankorelasi sederhana Pearson product momentmenunjukkan (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru kimia terhadap hasil belajar kimia. Hal ini terbukti dari perolehan nilai rxy0,57 yang masuk dalam kategori sedang dan nilai thitung= 3,022 yang lebih besar dari ttabel= 1,6560 pada taraf kesalahan 5% (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajarkimia dengan perolehan nilai rxy0,726 masuk dalam kategori kuat dengan thitung= 12,36 lebih besar dari ttabel= 1,6560 pada taraf kesalahan 5%. Adapun hasil analisis menggunakan korelasi ganda diperoleh pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru kimia dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia, dengan nilai R sebesar 0,749 masuk dalam kategori kuat dan Fhitung=87,39 lebih besar dari Ftabel= 3,07 pada taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:30
Last Modified: 08 Jul 2020 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16062

Actions (login required)

View Item View Item