Analisis Framing Pemberitaan Dana Bantuan Rehab Rumah Korban Gempa Lombok Pada Koran Lombok Post dan Suara NTB Edisi 1 –31 Oktober 2018

Ratih Dwi, Mahasti (2019) Analisis Framing Pemberitaan Dana Bantuan Rehab Rumah Korban Gempa Lombok Pada Koran Lombok Post dan Suara NTB Edisi 1 –31 Oktober 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada saat terjadinya gempa bumi Lombok, banyak media yang memberitakan tentang ini. Baik pada saat terjadi gempa bumi hingga pascabencana baik itu media nasional maupun lokal. Koran lokal yang memberitakan tentang isu ini adalah Lombok Post dan Suara NTB. Namun, pada pemberitaannya kedua media ini tidak pasti memberitakan suatu peristiwa dengan sama persis. Perbedaanini terlihat dari bingkai yang digunakan seperti tampilan foto yang berbeda oleh masing –masing media, pemilihan judul serta penulisan berita yang pasti berbeda.Hal tersebut membuat peneliti ingin melihat bagaimana kedua surat kabar yangberbeda membingkai isu danabantuanrehab rumah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan pembingkaian dua media yang berbeda dalam membingkai isu danabantuan rehab rumah korban gempa Lombok. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan perangkatframingmodel Robert NEntman yang terdiri dari definisi masalah(define problems), memperkirakan penyebab masalah(diagnose causes),membuat keputusan moral(make moral judgement), dan saran perbaikan (suggest remedies).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Frameyang dibentuk Lombok Postadalah daerah yang belum maksimal. Hampir semua pemberitaannya, Lombok Post terlihat memojokkan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Desa atas lambatnya pencairan dana bantuan. 2) Frameyang dibentuk Suara NTB adalah daerah yang sudah maksimal. Ini dibuktikan dengan pemberitaan di Suara NTB yang didominasi Pemerintah Provinsi yang sudah melakukan usaha maksimal dalam proses pencairan dana bantuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Framing Pemberitaan, Gempa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:00
Last Modified: 13 Jul 2020 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16065

Actions (login required)

View Item View Item