PENGARUH PENAMBAHAN TANAMAN RUMPUT PADA SPASI PAVING BLOCKTERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN

RIMA, ARIESTY PRITA DEVY (2020) PENGARUH PENAMBAHAN TANAMAN RUMPUT PADA SPASI PAVING BLOCKTERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR RIMA ARIESTY PRITA DEVY (F1A015110).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, pembangunan kian berkembang pesat yang mengakibatkan terjadinya perubahan tata guna lahan dan berkurangnya luas lahan hijau. Lahan hijau yang berfungsi sebagai peresap air ditutupi dengan permukaan yang tidak tembus air (impermeable), akibatnya limpasan permukaan (runoff) akan bertambah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi runoff yaitu dengan mengombinasikan tutupan yang impermeable dengan tanaman hijau. Bila sebagian ditanami tumbuhan, maka akan tercipta ruang-ruang sebagai tempat meresapnya air permukaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tutupan lahan terhadap besarnya nilai koefisien limpasan permukaan (C) yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat simulasi hujan(rainfall simulator). Tutupan lahan yang diuji yaitu paving block berbentuk segi enam (hexagonal) yangdikombinasikan dengan memberi spasi paving block selebar 10 cm. Spasi tersebut diisi tanah, rumput gajah mini, dan rumput jepang. Perbandingan antara paving block dengan rumput yaitu 75% dan 25%. Pengukuran yang dilakukan yaitu intensitas hujan, volume limpasan, volume infiltrasi, dan koefisien limpasan permukaan (C). Berdasarkan hasil pengujian, terdapat perbedaan koefisien limpasan yang dihasilkan pada variasi tutupan lahan yang diuji. Pada lahan tanpa tutupan koefisien limpasan yang dihasilkan berkisar antara 0,39 – 0,44. Sedangkan untuk koefisien limpasan tertinggi yaitu lahan dengan tutupan paving block yaitu berkisar antara 0,41 – 0,44. Pada paving block yang diberi spasi isi tanah koefisien limpasannya berkisar antara 0,37 – 0,38. Sedangkan pada paving block yang diberi spasi isi rumput, yaitu rumput gajah mini maupun rumput jepang memiliki koefisien limpasan yang sama yaitu berkisar antara 0,36 – 0,38.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Paving block, rumput, intensitas hujan, volume limpasan, volume infiltrasi, koefisien limpasan (C).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:15
Last Modified: 01 Jul 2020 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item View Item