ANALISIS PENGGUNAAN SIGMA TANK DALAM PENANGGULANGAN DRAINASE LIMPASAN AIR PADA PERUMAHAAN GRAHA KARTIKA PERDANA, KECAMATAN KEDIRI, KABUPATEN LOMBOK BARAT

NABILAH, AZMI PUTRI LAKSONO (2020) ANALISIS PENGGUNAAN SIGMA TANK DALAM PENANGGULANGAN DRAINASE LIMPASAN AIR PADA PERUMAHAAN GRAHA KARTIKA PERDANA, KECAMATAN KEDIRI, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL NABILAH AZMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sigma tank adalah sebuah inovasi modern yang mengusung konsep ramah lingkungan dengan sistem pemasangan yang sederhana, efisien, tahan lama serta hemat. Sigma tank dapat berfungsi sebagai penampung, meresapkan dan mengalirkan air hujan. Hal seperti ini dapat dijadikan sebagai pengendalian banjir pada perumahan Graha Kartika Perdana. Perencanaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sigma tank dalam mengurangi beban yang akan melimpah pada saluran drainase perumahan. Menurut perhitungan debit banjir setiap tipe rumah, sigma tank akan penuh bila hujan terjadi dalam durasi waktu 3 sampai 4 jam. Penyusunan sigma tank direncanakan secara vertical dan horisontal. Untuk tipe 30/72, tipe 30/91 dan 36/91 direncanakan dengan jumlah 4 tangki. Untuk tipe 42/112 , 60/140 dan 100/160 jumlah sigma tank yang direncanakan adalah 8 tangki. Perencanaan sigma tank terdiri dari tiga perencanaan dimana setiap perencanaan memiliki rencana anggaran biaya (RAB) nya masing-masing, yaitu sebesar Rp.8.980.525,- untuk perencanaan satu. Lalu Rp.7.841.036,- untuk perencanaan dua. Dan untuk perencanaan ke tiga memiliki nilai anggaran sebesar Rp.20.626.392,-. Setelah dilakukan analisis perencanaan sigma tank, didapatkan kesimpulan bahwa sigma tank unggul dalam segi pemasangan yang lebih mudah dan bentuknya dapat disesuaikan dengan lahan yang tersedia pada setiap type rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sigma Tank, Intensitas Hujan, Drainase, Koefisien Limpasan Permukaan (C).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:16
Last Modified: 01 Jul 2020 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16068

Actions (login required)

View Item View Item