ANALISIS PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 MATARAM

NOVI, SARIANTI (2019) ANALISIS PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVI BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

xiiABSTRAKGuru masih belum memahami mengenai penilaian otentik itu sendiri dan guru masih mengalami banyak kendala dalam menerapkan penilaian otentik. SMKN 1 Mataram adalah salah satu sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 sehingga bentuk penilaian yang digunakan adalah penilaian otentik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah teknik penilaian otentik yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 1 Mataram, bagaimanakah penerapanpenilaian otentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 1 Mataram, apa kendala yang dihadapi guru dalam penerapan penilaian otentik di SMKN 1 Mataram, serta bagaimana upaya guru dalam mengatasi kendala dalam penerapan penilaian otentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 1 Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik penilaian otentik yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesi di SMKN 1 Mataram, mendeskripsikan penerapan penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMKN 1 Mataram, mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam menerapkan penilaian otentik, mendeskripsikan solusi yang digunakan dalam mengatasi kendala penerapan penilaian otentik pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMKN 1 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan desain csross-sectional survey.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Indonesia di SMKN 1 Mataram. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data tersebut dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Penelitian kualitatif merupakan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik penilaianotentik yang digunakan adalah teknik jurnal dan observasi pada penilaian sikap, teknik tes tertulis pada penilaian pengetahuan, dan teknik kinerja pada penilaian keterampilan. Penerapan penilaian otentik meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Perencanaan penilaian sikap dan keterampilan kurang karena pada penilaian sikap tidak melakukan perencanaan penilaian tapi hanya membuat instrumen penilaian, sedangkan pada penilaian keterampilan tidak dibuatkan instrumen penilaian dalam menilai peserta didik ketika melakukan diskusi, perencanaan penilaian pengetahuan cukup karena merencanakan penilaian dengan cara menyusun indikator, kisi-kisi soal, soal, dan rubrik penilaian. Pelaksanaan penilaian sikap dinyatakan kurang karena tidak melakukan pencatatan pada saat proses pembelajaran, sedangkan pengetahuan dan keterampilan cukup karena dilaksanakan dengan cara menyampaikan materi dan memberikan pemahaman kepada peserta didik, kemudian meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas. Pelaporan penilaian sikap kurang karena hanya memberikan umpan balik pada peserta didik, pelaporan penilaian pengetahuan dan keterampilan cukup karena dilakukan pelaporan dengan cara menyampaikan hasil penilaian kepada peserta didik, dan wali kelas. Kendala yang dihadapi guru antara lain, guru tidak dapat mengamati kemampuan siswa secara keseluruhan, waktu yang tidak efektip. Upaya yang dilakukan guru antara lain, meminta siswa yang tidak aktif untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, untuk mengetahui apakah siswa memperhatikan atau tidak, guru melakukan penilaian diluar jam mengajar, untuk mengefisienkan waktu

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penilaian otentik, pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:20
Last Modified: 13 Jul 2020 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item View Item