PENGARUH PAVING BLOCK BERPORI TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN

KADEK, AGUS PRAJNA DISTANA (2020) PENGARUH PAVING BLOCK BERPORI TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KADEK AGUS PRAJNA D (F1A015060).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perluasan kawasan perkotaan dan berkurangnya kawasan hutan banyak terjadi di beberapa tempat di Indonesia. Peralihan fungsi suatu kawasan yang mampu menyerap air (pervious) menjadi kawasan yang kedap air (impervious) akan mengakibatkan ketidakseimbangan hidrologi dan akan berpengaruh negatif pada kondisi daerah aliran sungai. Pembangunan yang dilakukan juga akan berpengaruh terhadap penggunaan lahan. Sehingga diperlukan suatu arahan terhadap penggunaan lahan agar tetap berpedoman pada keseimbangan lingkungan. Salah satu penutup lahan tembus air yang sering digunakan untuk mengurangi limpasan permukaan adalah penutup lahan paving block. Area bukaan antara paving merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan resapan air pada paving block. Semakin besar area bukaan pada paving maka daya resap air semakin meningkat. Pada pavingblock persegi luas area bukaan pada paving block masihlah minim sehingga daya resap air yang dihasilkan tentunya sedikit dan tidak maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat rainfall simulator. Penelitian ini menggunakan paving block berbentuk persegi ukuran 20 x 10 x 8 cm dengan variasijumlah lubang – lubang pori 3 lubang, 5 lubang dan 9 lubang dengan perbandingan luasan antara paving block dengan lubang pori berturut – turut yaitu 99.4% dan 0.6%, 99% dan 1%, 98.2% dan 1.8%. Pengukuran yang dilakukan yaitu pengukuran intensitas hujan, volume limpasan, volume infiltrasi dan koefisien limpasan permukaan (C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan lubang – lubang pori memberikan pengaruh terhadap nilai koefisien limpasan permukaan. Pada paving block persegi tanpa pori memiliki nilai koefisien yang lebih besar. Dengan nilai koefisien yang dihasilkan untuk semua variasi lahan uji yaitu tanah nilai koefisien limpasan permukaan yang dihasilkan berkisar 0,39 – 0,44, paving block persegi tanpa pori memiliki koefisien limpasan tertinggi dengan nilai berkisar 0,41 – 0,45 , paving block persegi berpori 3 lubang berkisar 0,39 – 0,43, paving block persegi berpori 5 lubang nilai koefisien limpasan permukaan yang dihasilkan berkisar 0,38 – 0,42, dan paving block persegi berpori 9 lubang memiliki nilai koefisien limpasan permukaan paling kecil dengan nilai yang dihasilkan berkisar 0,37 – 0,41.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Paving Block, Lubang Pori, Intensitas Hujan, Volume Limpasan, Koefisien Limpasan (C).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:14
Last Modified: 01 Jul 2020 03:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item