PENGARUH MEDIA PERMAINAN BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

WIDIA, ASMAWATI (2020) PENGARUH MEDIA PERMAINAN BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran permainan bahasa terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas III SDN 1 Gerung Selatan tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Gerung Selatan. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Observasi dapat memberikan berbagai data informasi yang diperlukan dalam penelitian, tes unjuk kerja digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan membaca dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian berupa foto-foto, dan lainnya selama penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus t-testpolled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari pembelajaran menggunakan permainan bahasa terhadap keterampilan membaca. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh nilai rata-rata keterampilan membaca pada kelas eksperimen sebesar 79.29 dan kelas kontrol sebesar 73.40. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5% sebesar 3.0439, dan t tabel 2.0075 sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pembelajaran menggunakan permainan bahasa terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SDN 1 Gerung Selatan tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Permainan Bahasa dan Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:18
Last Modified: 13 Jul 2020 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16100

Actions (login required)

View Item View Item