HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2019/2020

YAUMI, OKTARI (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_YAUMI OKTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ampenan tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri yang berada di Kecamatan Ampenan yaitu SMP Negeri 3 Mataram, SMP Negeri 10 Mataram, SMP Negeri 18 Mataram, dan SMP Negeri 24 Mataram. Dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-C SMP Negeri 10 Mataram dan kelas VIII-A SMP Negeri 24 Mataram. Dalam penelitian ini data diperoleh dengan metode angket untuk data kecerdasan emosional dan metode tes untuk data kemampuan komunikasi matematis tertulis. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah korelasi rank spearman dengan membandingkan nilai z hitung dengan z tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional terdiri dari 87% peserta didik dengan kategori kecerdasan emosional sedang dan 13% peserta didik dengan kategori kecerdasan emosional tinggi. Tingkat kemampuan komunikasi matematis peserta didik terdiri dari 23% berkategori rendah, 65% berkategori sedang, dan 12% berkategori tinggi. Dengan membandingkan nilai z hitung sebesar 0,23 dan z tabel sebesar 1,96diperoleh kesimpulan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ampenan tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Emosional, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:18
Last Modified: 13 Jul 2020 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16101

Actions (login required)

View Item View Item