PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKAPADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGANSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MATARAMTAHUN AJARAN 2019/2020

MITHA, ZULFIANINGRAT (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKAPADA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGANSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MATARAMTAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MITHA_ZULFIANINGRAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Writeterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pola bilangan dan barisan bilangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian posttest only control design.Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika (posttest) berupa soal uraian pada materi pola bilangan dan barisan bilangan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil dari posttest menunjukkan menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 45,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 38,44 dengan hasil uji hipotesis didapatkandengan taraf signifikan 5%. Dari perbedaan nilai rata-rata yang signifikan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pola bilangan dan barisan bilangan siswa VIII SMP Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Pola Bilangan dan Barisan Bilangan, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:18
Last Modified: 13 Jul 2020 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16102

Actions (login required)

View Item View Item