KEANEKARAGAMAN DAN DISTRIBUSI JENIS GASTROPODA DAN BIVALVIA DI HUTAN MANGROVE DESA PELANGAN, KECAMATAN SEKOTONG, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Subandi Rahman, M. (2020) KEANEKARAGAMAN DAN DISTRIBUSI JENIS GASTROPODA DAN BIVALVIA DI HUTAN MANGROVE DESA PELANGAN, KECAMATAN SEKOTONG, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kelompok invertebrata yang hidup di ekosistem mangrove adalah kelompok moluska terutama gastropoda dan bivalvia. Mereka berasosiasi dengan mangrove sebagai tempat hidup, tempat berlindung, memijah dan juga sebagai tempat memperoleh makanan untuk menunjang pertumbuhan mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh jenis mangrove dan tipe substrat terhadap distribusi Moluska (Gastropoda dan Bivalvia) pada kawasan ekosistem mangrove desa Pelangan, kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yakni dengan menentukan jenis pohon, ukuran, dan substrat. Pengulangan dilakukan sebanyak enam kali setiap spesies mangrove. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesies gastropoda yang paling melimpah pada perjenis mangrovenya adalah Clypeomorus moniliferus dengan nilai 6,9 ind/m2 yang terdapat pada Osbornia octodonta. Adapun distribusi setiap spesies gastropoda dan bivalvia tidak dipengaruhi oleh jenis mangrove, melainkan dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang dalam hal ini adalah substrat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Distribusi, Gastropoda, Bivalvia, Mangrove Desa Pelangan
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:22
Last Modified: 13 Jul 2020 01:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16118

Actions (login required)

View Item View Item