RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KAMPOENG BACA PELANGI DAN CITRA KOMUNITAS PUNK ‘EAST WARRIOR’ DI DESA SELAT, KEC. NARMADA, LOMBOK BARAT”

Arrizal, Prasetya (2020) RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KAMPOENG BACA PELANGI DAN CITRA KOMUNITAS PUNK ‘EAST WARRIOR’ DI DESA SELAT, KEC. NARMADA, LOMBOK BARAT”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sekelompok remaja yang sering kita temui di kota besar dengan gitarnyabernyanyi sesuka hati dengan penampilan aneh seperti jaket kulit, celana jeans robek, rambut mohawk dan tattoo yang mereka sebut sebagai punk. Sejauh ini stigma tentang anak punk memang sangatlah buruk, dianggap sebelah mata, dilibatkan dengan tindak anarkis, brutal, pembuat onar, pemabuk, dan tidak memiliki masa depan.Namun, anak punk merespondengan aksi dan eksistensinya pada kegiatan sosial untuk menghapus stigma tersebut.Sejak tahun 2018 komunitas punk East Warrior mendirikan Kampoeng Baca Pelangi yang berfokus pada pendidikan anak-anak. Kegiatan Kampoeng Baca Pelangi sudah berjalan 1tahun lebih, peneliti ingin mengamati perubahan stigma yang melekat pada komunitas punk pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana citra yang sudah dibangun komunitas punk East Warrior menurut masyarakat melalui eksistensi kegiatan Kampoeng Baca Pelangi. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus, lokasi penelitian berfokus pada dusun Merce Timur, desa Selat, Narmada dengan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat memberikan respon positif terkait pelaksanaan program Kampoeng Baca Pelangi yang menunjukkan citra positif dan dapat merubah stigma negatif yang melekat pada komunitas punk East Warrior. Mayoritas masyarakat menilai bahwa pelaksanaan program Kampoeng Baca Pelangi dikategorikan baik dengan persentase sebesar 85% dari keseluruhan jawaban. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat turut terbantu dalam kehidupan bermasyarakat, masyarakat merasa minat baca dan pengetahuan mereka meningkat, serta mampu meningkatkan partisipasi dan semangat masyarakat untuk bersama-sama menciptakan generasi penerus bangsa yang mandiri, kreatif dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Respon, Citra, Punk.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:21
Last Modified: 13 Jul 2020 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16134

Actions (login required)

View Item View Item